Begini cara cek oli transmisi mobil matic

oli transmisi
Oli transmisi adalah bagian terpenting pada mobil matic dan kalian wajib tahu cara cek oli transmisi mobil kalian

 Begini cara cek oli transmisi mobil matic-Sama seperti oli mesin, oli transmisi juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam sebuah mobil. 

 Pada dasarnya fungsi oli roda gigi hampir sama baik untuk mobil manual maupun matic (mat). Yakni, untuk mengurangi gesekan pada bagian-bagian girboks, mencegah masuknya debu dan kotoran ke dalam girboks serta menjaga temperatur girboks pada level yang optimal. 

 Pada mobil bertransmisi otomatis, cairan transmisi ini juga berfungsi untuk memperlancar transmisi dari mesin ke roda, baik yang masih menggunakan transmisi otomatis tradisional (transmisi powershift) maupun transmisi continuous variable transmission (CVT). banyak digunakan pada mobil matic terbaru saat ini. 

 Oli transmisi yang terlambat atau jarang diganti secara alami berdampak negatif pada kendaraan. Seiring waktu, oli transmisi pada mobil matic mengental dan mulai rusak. Dibiarkan saja, tinggal menunggu waktu saja transmisi otomatis mobil tersebut mogok. 

 Karena pentingnya fungsi oli transmisi otomatis, maka oli transmisi otomatis pada mobil harus diperiksa secara berkala untuk menjaga agar oli transmisi tetap dalam kondisi prima. Selain itu, pengecekan oli pada transmisi otomatis mobil cukup sederhana dan tidak memakan banyak waktu. 

 Cara mengecek oli transmisi otomatis 

 Laporan palsu ini memberi tahu Anda cara memeriksa oli transmisi otomatis, yang dapat Anda gunakan sebagai panduan untuk pemeriksaan rutin mobil matic. Perhatikan jarak tempuh 

 Hal pertama yang bisa dijadikan patokan adalah jarak tempuh, dimulai dari penggantian oli transmisi pertama. Biasanya, pengecekan oli girboks ini sebaiknya dimulai saat odometer sudah mencapai 80.000 - 100.000 kilometer, tergantung dari jalan mobil yang digunakan. 

 Periksa matriks jawaban 

 Cara pengecekan oli transmisi otomatis mobil selanjutnya adalah dengan mengecek respon otomatis mobil. Jika oli masih bagus, maka matic akan melaju dengan mulus atau tanpa jeda. 

 Tuas tuas  

 Parkirkan mobil di permukaan yang rata dan nyalakan mobil seperti biasa. Coba pindahkan shifter dari P, R, N dan D selama 3-5 detik. 

  Perhatikan reaksi dan suara yang dihasilkannya 

 Periksa respons otomatis dengan setiap perubahan. Jika oli transmisi masih dalam kondisi baik, maka mobil akan melaju dengan mulus tanpa suara yang mengganggu. Jika suaranya kasar dan tidak responsif, mungkin sudah saatnya ganti oli. 

 Periksa level oli transmisi otomatis mobil  

 Jika Anda masih kurang puas dengan cara pengecekan oli transmisi matic di atas, Anda juga bisa mengeceknya dengan gril. Dengan cara ini Anda dapat memeriksa dengan tabel. 

 Panaskan mobil 

 Langkah pertama adalah memanaskan mesin mobil seperti biasa, tidak perlu mengisi terlalu banyak, biarkan berjalan dan tunggu mesin mati. 

 Periksa warna dan bau oli 

 Biarkan mobil berjalan, lepas transfer case dan periksa warna oli. Oli yang baik berwarna bening atau merah dan tidak berbau gosong. Jika oli berwarna coklat, oli harus diganti. Pastikan juga tidak ada gram dalam minyak. 

 Periksa level volume 

 Selain warna dan bau, harus dipastikan jumlah oli pada transmisi otomatis sesuai dengan takaran yang ditentukan pabrikan. Jika Anda melihat bahwa oli transmisi melebihi batas maksimum, segera ganti. Jika di bawah nilai minimum, Anda harus meningkatkannya. 

 Pengecekan transmisi otomatis mobil Anda secara rutin akan mengurangi masalah yang ditimbulkan oleh transmisi otomatis dan juga memperpanjang umur transmisi otomatis mobil Anda. Pastikan juga oli transmisi yang Anda masukkan ke dalam mobil Anda memenuhi spesifikasi pabrikan. Jangan tergiur membeli oli palsu untuk menghemat uang karena oli belum teruji dengan baik.

Posting Komentar untuk "Begini cara cek oli transmisi mobil matic"