Beberapa tips agar motor tidak mengeluarkan suara bising

matic
Servise CVT motor mitic


Beberapa tips agar motor tidak mengeluarkan suara bising- Pengendara sepeda motor tentu sangat waspada ketika terjadi sesuatu yang aneh pada motor kesayangannya saat dikendarai. Apalagi jika menyangkut suara bising yang dapat mengganggu dan mengurangi rasa nyaman saat berkendara. 

 Hal ini tentu banyak penyebabnya, namun sebelum Anda mengira ada masalah pada mesinnya, ada baiknya dilakukan pemeriksaan sederhana terlebih dahulu seperti yang disarankan oleh Pt Thamrin Brothers (Sumatera Selatan - Bengkulu), main dealer Yamaha. 

 Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghindari kebisingan mesin: 

 1. Perawatan rangka mesin 

 Gaya berkendara sangat penting bagi pengendara sepeda motor, misalnya mengurangi kecepatan saat melintasi jalan rusak dan berlubang. Periksa baut pemasangan rangka mesin minimal sebulan sekali. Hanya obeng tambahan atau kunci pas L yang dapat langsung mengencangkan bagian baut yang kurang kencang. 


 2. Perawatan kaki 

 Seperti halnya perawatan bodi sepeda motor, peran pengendara pada sepeda motor cukup mengesankan, terutama pada bagian kaki-kaki. Kaki seringkali memiliki beberapa komponen yang menimbulkan kebisingan, seperti peredam kejut, bantalan, dan dudukan karet. Hal ini juga berlaku saat menyalip di jalan yang kasar, sehingga pengendara harus mengurangi kecepatan untuk menghindari kerusakan peredam kejut. 

 Lalu ada kelebihan beban. Beban maksimum yang dapat dibawa oleh sepeda motor biasanya dihitung, yang dapat ditemukan di manual pengendara. Oleh karena itu, jangan gunakan tenaga yang melebihi daya maksimum motor. 

 Jika tidak, akibatnya bisa jadi, misalnya, kerusakan kaki lebih cepat, yang bisa menimbulkan kebisingan dan ketidaknyamanan saat berkendara. Jika hal ini terjadi, segera ganti part yang rusak tersebut di bengkel resmi terdekat.  


 3. Sistem pengereman 

 Komponen rem, terutama kampas rem, juga bisa mengeluarkan suara berisik. 

 Bantalan rem adalah bagian yang diganti secara teratur sesuai dengan umur yang direkomendasikan pabrikan. Saat bantalan rem aus, mereka menyebabkan gesekan dan kebisingan yang tidak wajar.


 4. Rantai/CVT 

 Rantai dan CVT merupakan komponen penting dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang, sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Rantai harus diperiksa secara teratur, mulai dari tingkat keausan, pelumasan. Jika rantai terlihat terlalu kendor atau hilang segera diberikan pelumas khusus rantai (jangan gunakan oli bekas) dan jika komponen sudah aus maka harus diganti. 

 Kemudian ganti CVT sesuai dengan umur yang ditentukan oleh pabrikan (lihat manual). Jika Anda mendengar suara yang tidak biasa, disarankan agar Anda membawanya ke bengkel resmi untuk perawatan. 


 5. Mesin 

 Mesin merupakan bagian utama dari mesin, banyak komponen mesin yang bergerak dapat menimbulkan kebisingan. Sedangkan untuk bagian mesin tentunya melakukan perawatan berkala, penggantian oli rutin, perawatan berkala, dan jangan sembarangan melakukan pergantian mesin.

Posting Komentar untuk "Beberapa tips agar motor tidak mengeluarkan suara bising"