Alasan Saat Kecepatan Tinggi Setir Mobil Menjadi Berat

 

mobil
Ilustrasi mobil 

Alasan Saat Kecepatan Tinggi Setir Mobil Menjadi Berat- Seiring kemajuan teknologi, kendaraan menjadi lebih mudah digunakan berkat sejumlah fitur tambahan. Misalnya power steering. Mobil-mobil tua tidak memiliki teknologi ini, sehingga setir terasa berat saat memutar mobil saat berhenti. 

 Kemudi baru menjadi lebih ringan begitu mobil mulai bergerak, karena putaran roda menjadi gaya bantu, karena gaya gesekan terhadap permukaan ban dan jalan berkurang. 

 Namun jika diperhatikan lebih seksama, mobil modern memiliki setir yang berat saat mobil melaju, terutama pada kecepatan tinggi. Kepala Pengujian Kendaraan PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, adanya penyetelan wheel camber yang membuat setir mobil mudah digunakan dan aman, terkait dengan wheel camber. 

 “Semua mobil harus memiliki posisi roda positif, yaitu roda sedikit ke depan dari bagian bawah sumbu penyangga roda. Sudut kemiringan sumbu roda dalam kaitannya dengan garis vertikal disebut roda positif, itu Tujuannya mudah dikendalikan dan stabilitas di lintasan lurus," kata Zulpata, Rabu (14/6/2023), seperti dikutip Kompas.com. 

 Ukuran roda, ruang dan jari kaki selama sporulasi 

 Ukuran roda, ruang dan jari kaki selama sporulasi 

 Zulpata secara tidak langsung mengatakan bahwa setir berbunyi klik saat mobil melaju lurus dengan kecepatan tinggi. Hal ini karena arah roda yang bergerak cenderung mengikuti arah putaran. Teori dasar ini sangat efektif sehingga masih diterapkan pada mobil hingga saat ini. 

 Selain itu, beberapa fungsi seperti electric power steering (EPS) atau hydraulic power steering dengan teknologi terdahulu membuat mobil lebih mudah digunakan. 

 Padahal, teknologi power steering dilengkapi dengan sistem khusus untuk menunjang keselamatan pengemudi, sehingga fungsi sudut kemudi tidak terganggu saat bekerja di jalan lurus. 

  Juni Siswanto Ahmad Yani, Direktur Teknik Auto2000, menjelaskan performa power steering ada batasannya, sehingga saat mobil berakselerasi di jalan lurus tetap stabil dan terkesan menyulitkan kemudi.

Posting Komentar untuk "Alasan Saat Kecepatan Tinggi Setir Mobil Menjadi Berat"