Cara membaca kode yang terdapat di ban mobil

kode ban
Ternyata semua kode yang terdapat di ban memiliki artinya dan itu sangat penting

 Cara membaca kode yang terdapat di ban mobil- Memahami kode ban sebelum membeli adalah satu hal yang perlu diketahui setiap pemilik kendaraan. Karena ban merupakan bagian yang berperan penting dalam keselamatan berkendara. 

 Tentunya Anda perlu memilih ban yang tepat untuk keamanan dan kenyamanan maksimal. Ban yang cocok untuk kendaraan roda empat seperti mobil dapat ditentukan dari perbandingan lebar tapak, tinggi dan diameter ban itu sendiri. 

 Jenis ban sendiri biasanya tertulis dalam kode yang tercetak di pelek ban. Agar tidak salah dalam membeli ban mobil, penting untuk memperhatikan arti dari kode-kode ban di bawah ini. 

 Arti kode ban mobil 

 1. Jenis mobil (P) 

 Kode ban sendiri biasanya diawali dengan huruf P yang berarti jenis mobil. Kode P pada mobil berarti Penumpang atau mobil yang digunakan untuk mengangkut penumpang. 

  Selain kode P, ada kode lain seperti huruf ST, LT dan T. ST singkatan dari trailer khusus, LT untuk truk ringan dan T untuk sementara. Seperti namanya, kode "T" itu sendiri tidak dapat digunakan untuk waktu yang lama. 

  2. Lebar tapak ban (205) 

 Kode P diikuti dengan angka 205 yang menunjukkan lebar tapak ban dalam milimeter. Artinya mobil harus menggunakan ban dengan lebar 205 milimeter.

 3. Rasio tinggi ban dalam milimeter (65) 

 Rasio tinggi ban biasanya terletak di sebelah garis diagonal setelah lebar tapak ban. Misalnya, jika rasio aspek ban adalah 65 mm, tinggi ban adalah 65 persen dari lebarnya, yaitu 205 mm. Jadi 65 persen x 205 milimeter adalah 133,2 milimeter. 

  4. Tipe konstruksi ban (R) 

 Jenis konstruksi ban ditandai dengan huruf "R". Ban dengan kode ini biasanya digunakan pada kendaraan sehari-hari. Selain kode R, ada kode lain seperti RFT atau Run Flat Tire/Tyre. 

  5. Diameter roda mafia (15-16) 

 Setelah kode konstruksi biasanya diikuti dengan angka 15 atau 16 dan seterusnya yang menunjukkan diameter roda mobil. Misalnya, kode R14 nantinya dipasang pada mobil dengan velg 14 inci. 

  6. Ketahanan beban ban (95) 

 Sesuai regulasi, ban bernomor kode 95 mampu menahan beban penumpang hingga 670 kg. Semakin tinggi angkanya, semakin besar pula beban penumpang yang dapat diangkutnya.  

 7. Kode kecepatan mobil (H) 

 Kalau H, kode maksimal yang bisa didapat dengan ban ini adalah 210 kilometer per jam. Kode kecepatan pun beragam, di antaranya Q dengan kecepatan tertinggi 160 km/jam, S 180 km/jam, T 190 km/jam, U 200 km/jam, H 210 km/jam, V 240 km/jam, W .270 km/jam, Y 300 km/jam dan Z 240 km/jam. 

  Cara membaca kode blok 

 Mengetahui arti dari setiap kode ban mobil memudahkan Anda menentukan ban mobil yang tepat sebelum Anda membelinya. Sehingga meningkatkan tingkat keamanan dan kenyamanan saat Anda menggunakan mobil tersebut. 

 Cara membaca kode mobil atau tipe mobil dimulai dengan huruf P. Misalnya P 205/65 R 15 94 H adalah ban komuter dengan lebar tapak 205 milimeter dan rasio aspek ban 65 persen, atau tinggi dari 133,2 milimeter, dengan konstruksi sabuk pada velg 15 inci. . diameter .

Posting Komentar untuk "Cara membaca kode yang terdapat di ban mobil"