9 Penyebab dan cara mengatasi handphone tidak bisa di ces

ces
9 permasalahan handphone tidak bisa ngecas dan beserta dengan solusi permasalahannya 

9 Penyebab dan cara mengatasi handphone tidak bisa di ces- Masalah dengan telepon portabel (ponsel) seringkali tidak dapat diisi atau diisi ulang dengan baterai. Anda perlu mengetahui penyebab ponsel tidak mau mengisi daya dan cara memperbaikinya agar tidak terburu-buru melakukan servis.  

 Dikutip dari Lifewire, berikut adalah penyebab ponsel tidak bisa mengisi daya dan cara mengatasinya. Berikut cara memperbaiki ponsel yang tidak mau mengisi daya tergantung masalahnya. 

 1. Periksa catu daya 

 Masalah ponsel tidak dapat diisi daya tidak hanya disebabkan oleh perangkat. Bisa jadi ponsel yang tidak mau mengisi daya sebenarnya disebabkan oleh soket yang rusak atau kendor. 

 Jika ponsel Anda tidak dapat diisi dayanya, harap periksa stopkontak terlebih dahulu. Untuk mengecek keamanan ponsel, Anda bisa mencoba mengisi daya baterai dengan power bank. 

 2. Kerusakan kabel 

 Alasan mengapa ponsel tidak mengisi daya mungkin karena kabel yang rusak. Anda perlu mengecek apakah kabel charger masih berfungsi atau tidak. 

 Solusinya adalah mengganti kabel yang rusak dengan yang baru. Kabel pengisi daya mudah ditemukan di toko lokal, konter ponsel, toko online, dan banyak lagi. 

 3. Masalah pemuatan pelabuhan 

 Alasan ponsel tidak dapat diisi daya, dan cara ketiga untuk mengatasinya adalah dengan memeriksa port pengisi daya ponsel. Masalah dengan port seluler biasanya memengaruhi pengisian daya baterai. 

  Masalah gerbang biasanya disebabkan oleh kotoran atau debu yang berlebihan. Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan meniup port untuk menghilangkan debu atau partikel. 

 Namun, jangan masukkan apa pun ke port pengisian daya karena dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

 4. Menggunakan terlalu banyak aplikasi 

 Alasan ponsel tidak mengisi daya juga bisa karena penggunaan aplikasi yang berlebihan. Saat aplikasi dimuat, ia menggunakan lebih banyak energi daripada baterai ponsel. 

 Anda dapat memperbaikinya dengan menutup semua program saat pengunduhan sedang berlangsung dan tidak menggunakannya. Setelah itu, periksa secara berkala apakah pengisian daya terjadi atau tidak.

 5. Simpan cache telepon 

 Terkadang program terus berjalan atau aktif bahkan setelah ditutup, sehingga masalah mencegah pengunduhan. 

 Menghapus cache ponsel Anda dapat mengatasi masalah ini. Itu tergantung pada jenis ponsel, tetapi biasanya berfungsi seperti ini: Pengaturan Aplikasi dan pemberitahuan > Detail aplikasi > [nama aplikasi] > Penyimpanan dan cache > Hapus cache.  

 6. Tidak menggunakan mode pesawat 

 Bluetooth aktif, lokasi, layanan Wi-Fi dari kontrak data yang digunakan dapat menyebabkan penundaan pengisian baterai. 

  Sebaiknya matikan ponsel Anda atau gunakan mode pesawat saat mengisi daya baterai ponsel Anda. Mode pesawat mencegah sebagian besar layanan pengisian daya baterai tidak berfungsi. 

 7. Baterai bocor 

 Baterai ponsel yang bocor biasanya menjadi alasan yang mencegah pengisian daya. Beberapa orang bisa mengecek baterainya sendiri, tergantung dari tipe ponselnya. 

 Sebaiknya bawa ke dealer untuk diperiksa. Anda dapat mencari pusat layanan resmi di situs web pabrikan ponsel Anda. 

 8. Ponsel basah

 Ponsel yang basah atau terkena air dapat menyebabkan kesalahan pengisian daya seperti Do Use. Karena itu, sebelum mengisi daya, Anda harus memastikan bagian dalam ponsel benar-benar kering. Jika ponsel baru saja jatuh ke dalam air, Anda dapat meniupkan udara panas ke atasnya dengan pengering rambut atau cukup merendamnya dalam beras. Tunggu setidaknya satu hari sebelum menghidupkan kembali ponsel Anda. 

 Setelah didiamkan selama 24 jam dan dipastikan kering, coba colokkan hp dan lihat apakah sudah terisi normal. 

 9. Terjadi kesalahan perangkat lunak 

 Jika ponsel Anda sedang diisi tetapi tidak ada tanda-tanda proses pengisian, mungkin ada bug perangkat lunak. Untuk memperbaikinya, unduh aplikasi bernama Ampere yang memberi tahu Anda saat ponsel Anda menerima daya. Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat berapa banyak Anda telah membayar. 

 Cari tahu mengapa ponsel Anda tidak dapat mengisi daya dan cara memperbaikinya. Semoga ini bermanfaat!

Posting Komentar untuk "9 Penyebab dan cara mengatasi handphone tidak bisa di ces"