5 Tips agar Baterai Handphone Tahan Lama by ditutoinfo.com

daya
Ilustrasi mengisi daya 

5 Tips agar Baterai Handphone Tahan Lama by ditutoinfo.com - Smartphone kini menjadi salah satu perangkat yang selalu dibutuhkan karena banyaknya fitur yang tersedia. Jika ponsel sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, baterai ponsel akan cepat habis tanpa disadari. 

  Berbeda dengan jaman dulu, HP tidak hanya digunakan untuk menelepon dan berkirim pesan, tetapi juga bisa digunakan untuk hiburan, menonton film, menulis dokumen, dll. 

 Fungsi ponsel yang semakin canggih menyebabkan baterai ponsel cepat habis. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat baterai ponsel Anda lebih lama.

 1. Jangan mengisi daya baterai HP hingga terisi penuh 

 Pengguna HP sering mengisi daya ponselnya dalam semalam, namun cara ini mengakibatkan masa pakai baterai berkurang. Masa pakai baterai HP akan dipersingkat jika ponsel dibiarkan mengisi daya semalaman. Saat mencapai 100 persen, kualitas baterai lama kelamaan akan menurun. 

 Segera, Anda bahkan mungkin tidak menyadari perbedaannya. Namun, setelah beberapa bulan atau beberapa tahun, masa pakai baterai akan semakin pendek. Pertanyaannya, berapa persen baterai ponsel terisi? Idealnya, para ahli menyarankan untuk mengisi daya ponsel hingga 40-80 persen jika ingin kualitas baterai ponsel bertahan lama. 

 iPhone tipe terbaru kini memiliki fitur yang membatasi pengisian daya hingga 80 persen dalam beberapa jam. Karena itu, Anda tidak perlu lagi khawatir meninggalkan pengisian daya ponsel semalaman.  

 Selain iPhone, Samsung juga punya fitur yang membatasi jumlah pengisian hingga 85 persen. Tujuannya adalah untuk menghemat masa pakai baterai. 

  2. Bawalah bank daya saat bepergian 

 Jika Anda bepergian jauh dan tidak ada kemungkinan untuk mengisi daya ponsel Anda, alangkah baiknya membawa power bank untuk berjaga-jaga jika baterai habis. Kapasitas power bank yang berbeda kini tersedia untuk semua jenis ponsel. 

 3. Matikan bluetooth dan wifi jika tidak digunakan 

 Jika Anda tidak terhubung ke perangkat lain yang memerlukan Bluetooth, seperti jam tangan pintar atau headphone, lebih baik matikan koneksi Bluetooth ponsel. Tanpa disadari, teknologi nirkabel menguras masa pakai baterai dengan cepat, sehingga mematikan nirkabel dapat memperpanjang masa pakai baterai.  

 4. Matikan GPS 

 GPS banyak digunakan pada aplikasi yang menggunakan fungsi peta untuk mencari lokasi tertentu. Sayangnya, GPS juga dapat menguras baterai HP Anda dengan cepat. Matikan GPS saat Anda tidak menggunakan aplikasi seperti Google Maps atau aplikasi yang memerlukan akses ke data lokasi. Tanpa sepengetahuan Anda, ini akan mengubah kemampuan ponsel Anda secara signifikan dan dapat memperpanjang masa pakai baterai. 

 5. Gunakan mode hemat baterai 

 Sebagian besar ponsel modern sudah menawarkan mode hemat baterai atau power saving. Saat mode ini diaktifkan, warna layar HP akan berubah menjadi hitam putih atau membatasi penggunaan ponsel Anda. Dalam beberapa kasus, mode ini dapat memperpanjang masa pakai baterai ponsel. Saat baterai hampir habis, bahkan mendekati nol persen, mode penghemat baterai bisa menjadi penyelamat Anda. 

  Tips Lainnya: Anda dapat mengaktifkan mode ini secara otomatis saat ingin tidur di malam hari. Dengan menggunakan mode ini, kapasitas baterai ponsel Anda dapat terjaga dan tidak berkurang secara signifikan, sehingga Anda tidak perlu mengisi dayanya di pagi hari.

Posting Komentar untuk "5 Tips agar Baterai Handphone Tahan Lama by ditutoinfo.com "