Header Ads

Inilah Warna-warna Paspor yang Penting untuk Anda Ketahui

 Tahukah Anda bahwa sebenarnya 199 negara di dunia hanya memiliki empat variasi warna pada paspor? Perlu diketahui, terdapat 4 variasi warna pada paspor di setiap negara yaitu biru, hijau, merah dan hitam. Lalu apa sebenarnya yang menjadi alasan paspor menggunakan 4 variasi warna tersebut. 

Salah satu situs mengemukakan alasan sederhana dari penggunaan warna-warna paspor tersebut, yaitu karena empat warna tersebut bisa mencerminkan kesan yang formal dan resmi jika dibandingkan dengan warna lain. 


Tahukah kamu jika 199 negara di dunia ini hanya punya empat variasi warna paspor? 

Secara umum, variasi warna paspor setiap negara antara merah, biru, hijau, dan hitam. Pun jika ada ragam yang berbeda, seperti punya Swiss yang berwarna scarlet atau Fiji yang berwarna bright blue, varian warna tersebut tidak jauh-jauh dari empat warna dasar di atas. Memangnya kenapa, ya, hanya empat warna itu yang dipilih sebagai warna cover paspor?

Menurut situs The Telegraph, alasan sederhananya adalah karena keempat warna itu mencerminkan kesan formal dan resmi dibandingkan warna-warna lain. Namun selain itu, ternyata warna-warni paspor memiliki makna sendiri-sendiri, lho. Apa sajakah artinya? Simak ulasannya dalam paragraf berikut.

Warna Paspor Merah

Laman Elite Readers mengatakan jika ini adalah warna paling umum digunakan oleh negara-negara di dunia ini. Meski begitu, statistik dalam situs Passport Index menunjukkan negara dengan paspor berwarna merah (serta variasi shade-nya) berjumlah 66. Negara dengan paspor warna ini diasosiasikan dengan paham komunis yang pernah atau masih diterapkan oleh negara tersebut. Contoh negara dengan paspor berwarna merah adalah Serbia, Rusia, Latvia, Slovenia, Polandia, China (Tiongkok), Romania, dan Georgia. Semua negara dalam Uni Eropa—kecuali Kroasia—serta negara-negara yang tertarik ingin bergabung dalam Uni Eropa juga memiliki paspor dengan warna merah.

Warna Paspor Biru

Statistik situs Passport Index menunjukkan terdapat 82 negara di dunia yang menggunakan paspor dengan warna biru serta variasi shade-nya. Mengutip Elite Readers, warna ini kerap disimbolkan dengan “new world” atau dunia baru. Sehingga, pemilik paspor warna ini adalah negara-negara yang baru-baru merdeka, ataupun negara yang ingin menjadi poros kebaruan. Amerika Serikat mengganti warna paspornya menjadi biru pada tahun 1976. Negara lain yang memiliki paspor biru adalah Brazil, Argentina, Paraguay, Australia, Bahama, Fiji, Tuvalu, Yemen.

Warna Paspor Hijau

Jumlah negara dengan paspor berwarna hijau ada 44. Warna ini sering dikaitkan dengan alam dan kehidupan. Tidak heran jika negara-negara di Afrika Barat—yang memiliki kawasan alam luas—seperti Nigeria dan Pantai Gading memiliki paspor berwarna hijau. Warna ini juga cukup banyak dimiliki oleh negara-negara dengan penduduk mayoritas Islam. Pasalnya, warna ini dipercaya merupakan warna favorit Nabi Muhammad. Maroko, Pakistan, Arab Saudi, dan Indonesia memiliki paspor warna hijau.

Warna Paspor Hitam

Hanya ada 7 negara dengan warna paspor hitam: Angola, Kongo, Malawi, Selandia Baru, Wilayah Palestina, Tajikistan, serta Trinidad dan Tobago. Warna ini sering dilekatkan dengan negara-negara yang penduduk kulit hitamnya memiliki peran penting. Begitu juga dengan Selandia Baru yang menetapkan hitam sebagai warna nasional negaranya.

Itulah dia arti dari setiap warna paspor yang ada di dunia ini. Semoga bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.