Header Ads

Perusahaan Tertua di Dunia

Perusahaan Tertua di Dunia – Ada banyak perusahaan yang telah berdiri di dunia ini. Tetapi, tentu saja ada beberapa perusahaan yang pertama kali berdiri dan menjadi perusahaan tertua yang pernah ada.

Fakta uniknya adalah beberapa perusahaan tertua ini justru ada di Jepang, loh. Dengan ekonomi yang terus bergerak dan negara yang juga telah tua, maka tidak heran jika perusahaaan di Jepang bahkan melampaui usia 1000 tahun.
Lantas apa saja perusahaan tertua di dunia? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Perusahaan Tertua di Dunia: Kongo Gumi

Kongo Gumi adalah perusahaan yang sudah didirikan sejakk tahun 578 M dan berusia sekitar 1.428 tahun. Perusahaan ini adalah perusahaan yang menjual barang-barang konstruksi. Perusahaan ini didirikan sekitar 100 tahun setelah Kekaisaran Romawi jatuh.
Perusahaan ini sebenarnya sudah terlikuidasi oleh perusahaan Takamatsu pada tahun 2006 dan secara praktis, sudah tidak bisa disebut sebagai perusahaan tertua di dunia. Tetapi dengan pengalaman nyaris 10 abad membuat perusahaan ini layak menjadi perusahaan pertama yang disebut. Dari perusahaan ini pula lah Istana Osaka dibangun.

2. Perusahaan Tertua di Dunia: Industri Genda Shigyo

Berbeda sekitar 200 tahun, perusahaan ini dibangun pada tahun 771 masehi dan berusia sekitar 1247 tahun. Perusahaan ini masih terletak di Jepang dan memokuskan diri untuk memproduksi kertas. Bahkan, bisa dibilang perusahaan inilah yang memulai bisnis distribusi kertas di dunia.
Perusahaan ini telah bertahan lebih dari 1000 tahun dan masih bertahan di antara kemelut ekonomi yang terjadi akhir-akhir ini.

3. Perusahaan Tertua di Dunia: Penyulingan Anggur Staffelter Hof

Keluar dari Jepang, perusahaan ini berdiri sejak tahun 862 M di negara Jerman. Fokus bisnis ini ada pada penyulingan anggur dan perhotelan. Usia perusahaaan juga diperkirakan sudah mencapai 1156 tahun dan memiliki sekitar 7 hektar tanaman.
Yang hebat dari perusahaan ini adalah telah selamat dari 3 kejadian besar di dunia. 3 kejadian itu adalah kejatuhan Kekaisaran Romawi, Perang Dunia 1, dan Perang Dunia 2.

4. Perusahaan Tertua di Dunia: Monnaie de Paris

Didirikan pada tahun 864 M, perusahaan ini memiliki fokus bisnis pada industri Mint. Mint yang diproduksi oleh perusahaan ini adalah salah satu Mint tertua di dunia dan telah menghasilkan Francs dan Euro.
Perusahaan Monnaie de Paris telah menciptakan koin yang telah tersebar di seluruh Prancis dan menghasilkan banyak uang di tengah berbagai iklim politik dunia. Usia perusahaan ini mencapai 1154.

5. Perusahaan Tertua di Dunia: Tanaka Iga

Tanaka Iga adalah perusahaan yang memproduksi barang-barang religius dan mulai berdiri pada tahun 885 M. Usia perusahaan ini mencapai 1133 tahun dan terletak di Jepang. Banyak yang mengatakan bahwa perusahaan ini telah menjadi pedagang barang budha paling tua yang ada di dunia.
Itulah beberapa perusahaan tertua di dunia yang sebagian masih eksis di dunia. Menakjubkan, bukan, bahwa sebuah perusahaan telah berdiri selama 1000 tahun?


Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.