Header Ads

Ngurus skck untuk melamar kerja sampai ke polda banten, kok bisa?

Sedikit ingin berbagi cerita saja kepada anda pengalaman saya pribadi yang terjadi di hari jumat, 4 oktober 2019. Awal mulanya terjadi, itu karena saya mencoba ingin membuat skck di jakarta (tempat saya tinggal sekarang) sementara ktp saya adalah ktp daerah. Banyak yang bilang katanya tidak bisa membuat skck kalau domisili ktpnya diluar jakarta.
 
Silahkan klik video berbagai tutorial dan informasi, ada banyak sekali video tutorial dan informasi yang siap untuk menambah wawasan anda.

Karena saya orangnya penasaran dan ingin tau, apa iya tidak ada cara untuk bisa membuat skck di jakarta tanpa harus pulang kampung, karena jujur saja untuk pulang kampung tuh malunya bukan main, gimana tidak, saya balik saat butuh saja. Jadi daripada balik mending mencoba membuat skck di jakarta.

Karena rasa penasaran saya ini, akhirnya saya coba dari sumber yang serba tau yaitu google. Dan disini saya menemukan 1 artikel yang intinya mengatakan bahwa bisa untuk membuat skck di jakarta walau ktp daerah dengan cara daftar online. Akhirnya saya coba cara ini dengan harapan semoga cara ini berhasil.

Kalau anda mau coba daftar skck secara online dan ingin tau caranya bisa klik Disini.

Besoknya karena saya sudah niat, akhirnya saya persiapkan semua dokumen yang di butuhkan untuk di scan dan jujur untuk daftar skck secara online ini baru pertama kali saya lakukan. Ktp saya scan, kk juga saya scan, foto juga di scan, hanya wajah saja yang tidak di scan, hehehe

Setelah selesai mempersiapkan dokumennya, selanjutnya disini saya pergi ke warnet, kebetulan sekali letak warnetnya dekat sama tempat saya melakukan scan dokumen. main 1 jam dan langsung saja buka websitenya, mengisi semua yang harus diisi dan akhirnya berhasil dan saya diminta untuk mengunduh file untuk diserahkan ke polisi untuk pengambilan skcknya. Setelah diunduh dan saya lihat, ohemji lokasi untuk saya mengambil skcknya di polda banten.

Saya pikir ini sama saja bohong ujung-ujungnya saya diarahkan kesana. kesel banget tapi mau gimana udah daftar, yaudah pasrah saja nih dan besoknya langsung berangkat ke polda banten. berangkat pagi-pagi jam 6 padahal malemnya habis begadang terpaksa saya lakukan demi skck. ciieeee, romantis yah :)

Untuk mempersingkat cerita disini saya sudah sampai di polda bantennya, sempat bingung, kok buat bikin skck tempatnya sebesar ini. mana sepi sekali nih tempat. perasaan dulu waktu saya buat di dekat kampung itu rame sekali. coba lewatin gerbang tengok kanan kiri gaya orang dongo terus nunggu sampai nanti ditanya sama penjaganya, Bener saja ditanya dah tuh saya tujuannya kesini mau ngapain. ya karena saya adalah orang yang jujur jadi saya bilang apa adanya, polisinya langsung bilang."mau kerja diluar negeri? dimana?

Busehh dah, rang kerja di mall malah ditanya kerja diluar negeri,hehhe. Baru tau ternyata di polda bisa ngurusin skck tapi rata-rata yang membuat skck di polda itu yang ingin bekerja diluar negeri. Penjaganya bingung pas saya bilang kerja disini, sambil menunjukkan tempatnya penjaga bilang,"jauh amat bikin skcknya, kenapa gak di polres?.

Saya abaikan pertanyaan penjaga tuh, langsung saja jalan ke tempat yang diarahkan oleh penjaga berharap cemas tidak yakin kalau berhasil, berpikir kayanya bakal di tolak dan calon balik kampung dah. modal nekat saja tuk mencobanya.

Sekarang saya sudah ada di depan pintu untuk membuat skcknya, ruangan di polda banten untuk membuat skck disebut ruangan direktorat intelkam. saya tidak tau kalau polda di tempat lain apakah sama nama ruangannya yang digunakan untuk mengurus skck. Saya masuk dan bingung mau kemana karena ruangannya banyak dan lorongnya juga panjang, apalagi pas saya disana masih terlalu pagi jadi belum ramai, mungkin itu juga penyebabnya kenapa sepi tuh polda. :)

Setelah saya bertanya kepada salah satu orang yang ada disana entah itu siapa akhirnya saya tau juga ruangannya dan langsung saja masuk dan memberitahukan kepada petugas di dalam ruangan tersebut tujuan saya datang ke polda banten. Saya ceritakan awalnya dan saya jelaskan juga bahwa saya sudah membuatnya secara online dan disini akhirnya data saya dicek, barcodenya di scan untuk diambil datanya dan menyerahkan foto 4x6 4 lembar untuk di skcknya.

Berhubung saat mendaftar secara online saya tida mengupload sidik jari, maka disini saya diminta untuk rekam sidik jari terlebih dahulu. Untukk sidik jari saya diminta 2 foto 4x6 2 lembar dengan background merah dan itu tidak membutuhkan waktu yang lama.

Setelah selesai kembali lagi ke ruangan pembuatan skck dan menunggu sampai prosesnya selesai dan setelah menunggu 5 menit akhirnya selesai juga pembuatan skcknya dan disini saya membayar sebesar 30.000 untuk pembuatannya, sebenarnya pembayaran ini bisa melalui online tapi disini saya memilih untuk bayar di tempat.

Kesimpulan dari cerita saya.
Membuat skck secara online sebenarnya sangat mempermudah sekali terutama untuk anda yang tidak suka mengantri, data yang dibutuhkan pun tidak banyak yang dibawa layaknya seperti anda membuat skck secara offline atau secara langsung.

Semoga ceritanya memberikan manfaat.
Terima kasih.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.