Header Ads

Cara mudah blog cepat terindeks oleh google dan meningkatkan trafik visitor secara drastis

Dengan terindeknya blog kita di mesin pencarian google, maka pastinya akan meningkatkan trafik pengunjung untuk blog. Jika itu terjadi blog penghasilan pastinya akan semakin tinggi penghasilannya, blog jualan akan semakin laris jualannya, dll. Intinya bila blog sudah tinggi trafik setiap harinya maka sudah dipastikan blog yang siap panen.

Tapi untuk mendapatkan trafik tinggi itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, faktanya untuk anda yang baru memiliki blog biasanya akan sepi pengunjung. hal itu wajar karena blog anda belum ada di mesin pencarian google.

Gambar di atas adalah salah satu contoh dari salah satu blog saya yang sudah ada di mesin pencarian google. Disini artikel saya yang membahas tentang du recorder mendapatkan tempat ke 4 di google. walau seperti itu dengan adanya artikel saya di mesin pencarian google setiap harinya selalu mendapatkan trafik yang lumayan tinggi. Lagi-lagi itu semua karena blog atau artikel kita sudah ada di mesin pencarian google.

Ada beberapa cara yang bisa dipakai disini, tapi untuk artikel kali ini, saya akan membahas satu cara sampai akhir. Untuk cara lainnya bisa anda cek di artikel saya lainnya. sesuai judul di artikel tujuan kita adalah membuat blog kita terbaca oleh google dan akhirnya ada di mesin pencarian google. Cara pertama kita menggunakan search console.

a. Apa itu search console?
Search console adalah sebuah website atau tool yang memberikan pelayanan kepada kita sebagai seorang creator web atau blog untuk menampilkan web atau blog kita di mesin pencarian google, dengan adanya search console maka kita bisa mengelolah dan memaksimalkan web atau blog kita di mesin pencarian google. Di search console kita bisa melihat kata kunci yang sering dilihat visitor untuk blog kita, bisa melihat trafik artikel tertinggi, dll. Semua akan kita bahas habis mengenai search console, tapi tidak di satu artikel ini.

b. Bagaimana cara menggunakan search console?
Cara menggunakannya sangat mudah sekali, disini anda hanya cukup mendaftar dan masukkan link dari blognya dan membuat sitemap di dalam search console maka blog anda sudah berada di search console. Tapi bila tidak paham, Anda bisa lihat tutorial dibawah ini.

1. Pertama silahkan anda buka situs search console Disini.

2. Selanjutnya anda klik yang saya berikan tanda panah, cek gambar dibawah.

3. Kemudian untuk memasukkan blog atau web kita ke search console, klik tambahkan property. Lihat gambar yang saya kotaki.

4. Sekarang sudah berbeda dengan dulu tampilan dari search console, disini anda mendapatkan 2 pilihan, yang pertama domain dan yang kedua awalan url. Disini anda pilih saja yang domain dengan memasukkan domain dari blog atau website anda. sebagai contoh link anda adalah "https://cintakemzot.com, maka yang dimasukkan ke kolomyang saya kotaki cintakemzot.com, saja. https:// hilangkan. sebagai contoh bisa cek gambar dibawah. Kemudian klik terus.

5. Jika sudah melihat tampilannya seperti gambar di bawah ini, artinya anda sudah berhasil. selanjutnya tugas kita adalah agar seacrh console membaca semua artikel yang ada di blog kita. Silahkan klik Buka Property.

6. Kemudian anda akan mendapatkan sambutan seperti gambar dibawah ini. Silahkan klik mulai.

7.  Disini saya akan memberitahukan step by stepnya. coba anda lihat gambar dibawah dan cek tanda panahnya serta angkanya.
penjelasan:
- Tanda panah angka 1 = pertama silahkan anda klik "Peta situs".
- Tanda kotak angka 2 = maksudnya adalah yang kedua setelah anda klik peta situs maka anda masukkan link dari blog atau website anda ditambah /sitemap.xml. contoh link blog anda adalah https://cintakemzot.com, maka tuliskan di kolom yang dikotaki tersebut https://cintakemzot.com/sitemap.xml.
- Tanda panah angka 3 = setelah anda masukkan link blog atau website anda, silahkan klik kirim.

8. Bila terdapat pemberitahuan seperti di gambar artinya anda sudah berhasil membuat peta situsnya. untuk membuktikan benar-benar berhasil atau tidaknya klik saja ok.

9. Cek gambar dibawah. Jika sudah berstatus sukses artinya anda sudah berhasil dan angka di samping berstatus sukses tersebut yang bila anda lihat digambar jumlahnya adalah 119, itu adalah jumlah dari artikel kita yang artinya semua artikel siap berada di mesin pencarian google.

c. Kapankah blog mulai tampil di pencarian google?
Untuk masalah ini relavan dari artikel yang anda buat dalam membuat judulnya, deskripsinya dan juga isi artikelnya. google hanya memberikan tempat saja kepada anda, selanjutnya pengunjung atau visitor lah yang menentukan. Jadi maksudnya seperti ini, anda memberikan judul di artikel anda seperti ini " Muakan bas0 super big ", kemudian ada pengunjung yang menuliskan kata kunci di pencarian google makan baso super besar, maka artikel anda tidak akan tampil ketika pengunjung menuliskan kata kunci tersebut.

Kenapa bisa seperti itu? Karena anda membuat judul yang tidak sesuai dengan yang dicari pengunjung dalam bahasa tulisannya, ya walaupun dalam bahasa ucapan sesuai tapi itu gak mengangkat artikel untuk tampil. Terkecuali bila pengunjung menulis kata kunci sesuai dengan judul artikel anda seperti ini "muakan baso", maka bisa dipastikan artikel anda akan tampil.

Kalau dari pengalaman saya pribadi artikel bisa dibaca atau di index oleh google 1 bulan setengah, itu semua artikel dan saat saya daftarkan artikel saya berjumlah 115 artikel.

Untuk pembahasan lebih lanjut, kita bahas di artikel selanjutnya. semoga bisa menambah wawasan anda dan bisa menjadi referensi anda artikel yang saya buat ini.

Terima kasih


Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Follow by Email

Diberdayakan oleh Blogger.