Cara menulis artikel SEO menurut ahli seo dengan simpel

ditutoinfo.com - Menulis artikel SEO adalah hal penting untuk mendapatkan banyak visitor yang berkunjung ke website atau blog yang Teman-teman kelola. Nah, tidak menutup kemungkinan Strategi penulisan artikel SEO yang efektif menurut pakar SEO ini justru mendatangkan penghasilan atau pendapatan di website yang Teman-teman kelola. Semakin tinggi visitor yang berkunjung ke website atau blog Teman-teman, maka semakin besar juga penghasilan atau pendapatan Teman-teman.

Cara menulis artikel SEO menurut ahli seo dengan simpel

Panduan lengkap menulis konten SEO ala ahli SEO

Saya coba jelaskan secara sederhana namun penjelasannya sampai keakar pembahasan yang kemudian nantinya Teman-teman bisa terapkan ketika menulis artikel di website atau blog.

1. Penelitian Keyword

Keyword atau kata kunci berperan penting menampilkan blog Teman-teman di mesin pencarian google. Keyword yang sesuai dengan pembahasan dan artikel tersebut menjadi solusi visitor yang berkunjung ke blog Teman-teman membuat blog atau website Teman-teman bisa berada di posisi pertama di mesin pencarian google dan ini adalah bagian dari Seo.

Tool yang bisa Teman-teman gunakan untuk mencari keyword yang banyak di cari visitor ada banyak sekali seperti Google keyword planner, Ahref, atau Semrush. Bila Teman-teman ingin saya membahas secara mendalam step by step semua tool yang saya sebutkan tadi, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar. Apabila artikel sudah saya buat, saya berikan linknya dengan membalas komentar Teman-teman.

2. Struktur Artikel

Menulis artikel secara terstruktur adalah dasar atau umum yang memang harus Teman-teman ketahui ketika Teman-teman sudah memutuskan untuk menulis artikel. Artikel yang jelas dan isinya sesuai dengan judulnya adalah bagian dari seo. Dalam hal ini yang paling penting sederhananya ketika Teman-teman ingin menerapkannya yang harus Teman-teman ingat sebelum menulis artikel, artikel harus memiliki pembukaan, isi, dan penutupan.

Selanjutnya penggunaan Tag heading harus diterapkan dalam artikel untuk membedakan mana judul, subjudul, dan paragraph dalam artikel yang Teman-teman buat seperti menentukan (H1,H2,H3,dll). contoh sederhananya bisa Teman-teman lihat pada artikel ini.

3. Tulisan Berkualitas

Saya lebih menyarankan kepada Teman-teman yang ingin menulis artikel untuk memastikan artikel tersebut berkualitas seperti memberikan pembahasan dalam artikel yang bermanfaat untuk pengunjung. Dan jangan membuat judul dengan isinya yang tidak sesuai apalagi klik bait yang hanya ingin mendatangkan visitor saja. Hal semacam ini sangat dilarang keras dan bisa menurunkan peringkat website atau blog Teman-teman di mesin pencarian google.

Yang tidak kalah penting untuk menjaga kualitas tulisan jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci berlebihan (keyword stuffing) di dalam artikel yang ingin Teman-teman buat. Hal semacam itu oleh google dianggap sebagai artikel spam.

4. Optimasi On-Page

Hal ini harus Teman-teman perhatikan dan Teman-teman terapkan karena banyak sekali manfaat yang Teman-teman dapatkan ketika artikel Teman-teman optimasi on-page. Pastikan kata kunci atau keyword berada di judul, URL, text anchor, dan dalam konten secara alami tanpa dibuat-buat yang membuat tulisan tidak bagus di mata google. Gunakan keyword maksimal di dalam artikel 4 keyword saja dan terapkan keyword tersebut di judul, paragraph pertama, subjudul, dan penutupan.

Selanjutnya optimalkan gambar dengan alt text yang relevan dan sesuai dengan keyword atau kata kunci.

5. Backlink dan Tautan Internal

Ini adalah langkah terakhir dalam menulis artikel seo, dalam hal ini Teman-teman harus membangun backlink berkualitas, untuk hal backlink biasanya para ahli seo saat pertama kali membangun website atau blog dengan memasukkan URL kompetitor ke dalam artikelnya yang relevan sesuai dengan isi artikelnya dan biasanya hal ini dilakukan sebagai informasi tambahan.

Dan juga dalam artikel yang berkualitas serta seo tentunya menyertakan tautan internal yang sesuai dengan artikelnya, apabila Teman-teman pernah berkunjung kesuatu website dan melihat tulisan yang warnanya berbeda dengan bertulisan "Baca juga atau read more", maka itu disebut dengan tautan internal atau backlink internal.

Jadi inilah Teknik penulisan artikel yang disukai mesin pencari menurut ahli SEO, Silahkan Teman-teman praktekkan dalam menulis artikelnya. Saat awal mulai memang sulit tapi berjalannya waktu Teman-teman akan terbiasa dan bisa menjadi penulis yang hebat. Hal terpenting dalam menjalankannya adalah selalu ingat dengan struktur artikel pembukaan, isi, dan penutupan. Kemudian di dalam struktur artikel dalam menulis sertakan 4 keyword yang sesuai dengan pembahasan.

Apabila ada yang ingin ditanyakan silahkan berkomentar saja dan dengan adanya artikel ini semoga memberikan informasi dan wawasan Teman-teman dalam seo.

2 komentar untuk "Cara menulis artikel SEO menurut ahli seo dengan simpel"

Sumaji 17/3/24 17:23 Hapus Komentar
Nah, artikel yg saya cari
Anonim 17/3/24 19:57 Hapus Komentar
sangat membantu artikelnya.