Inilah Akibatnya Bila Menahan Gas Mobil Matic di Tanjakan

matic
Ilustrasi mobil matic nanjak (ezgif.com)

Inilah Akibatnya Bila Menahan Gas Mobil Matic di Tanjakan- Mobil matic identik dengan pekerjaan yang lebih mudah dibandingkan mobil manual. Kendaraan hanya dapat dihidupkan dengan menekan pedal gas dan tuas otomatis ke posisi D. 

 Berdasarkan kenyamanannya, banyak orang beranggapan bahwa mobil matic bisa digunakan dengan gaya sopir. Padahal, ada beberapa aturan yang harus diikuti agar komponen transmisi tetap awet. 

  Salah satu kesalahan pengemudi matic adalah ketika Anda memindahkan gas, mobil macet di tanjakan dan tuas otomatis tetap di D. Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel Worner Matic, mengatakan tak sedikit pengendara yang menahan pedal gas atau berhenti di tanjakan, meski bisa merusak transmisi otomatis secara permanen.  

 Ketika transmisi dipaksa berpindah dalam kondisi ditekan oleh reverse uplift, kata Hermas, sama saja dengan membuat transmisi bekerja lebih keras dari biasanya. 

 “Tekanan oli transmisi yang dihasilkan lebih tinggi untuk mengkompensasi serangan balik, menyebabkan oli dan komponen transmisi menjadi lebih cepat panas, akhirnya menjadi terlalu panas dan transmisi kehilangan tenaga.  

 Tuas transmisi otomatis Daihatsu Ayla R ADS CVT 

 Jadi, jika ingin melahap tanjakan dengan mobil matic, transmisi manual tidak terlalu jadi masalah. Keduanya membutuhkan kecepatan untuk mengurangi kemungkinan tergelincir. Keseimbangan daya transmisi antara kecepatan dan hambatan membutuhkan kecepatan. Tanpa kecepatan yang memadai, transmisi otomatis yang menjadi pusat gravitasi utama massa mobil bisa rusak permanen. 

  “Transmisi otomatis memiliki esensi pemerataan tenaga. Saat berhenti di tengah tanjakan, pindahkan tuas persneling ke posisi terendah untuk mendapatkan torsi maksimal, baru setelah tanjakan kembali ke posisi D,” ujar . Hermas. 

 Oleh karena itu, menurut Hermas, saat menjaga mobil matic di tanjakan, jangan biarkan tuas matic posisi D dan pedal gas tetap terpasang agar tidak merusak komponen boks.

Posting Komentar untuk "Inilah Akibatnya Bila Menahan Gas Mobil Matic di Tanjakan"