GSC: Mengatasi masalah tidak ditemukan (404) search console pada blogger dengan Script

GSC: Mengatasi masalah tidak ditemukan (404) search console pada blogger dengan Script- Mengatasi masalah tidak ditemukan (404) search console pada blogger - Kali ini blog saya ditutoinfo.com, memiliki masalah yang menurut saya sendiri, ini masalah yang memang menganggu performa blog saya di pencarian google. Ada sekitar 22 artikel yang linknya bila diklik tidak menuju ke artikel melainkan error bernotifkan 404. Apalagi artikel yang error ini adalah artikel yang memang memiliki rangking page di google, jadi sangat menganggu sekali.

error
22 artikel error 404, bila di klik linknya maka hanya tampil 404 tanpa diarhkan ke artikelnya

Sedikit cerita masalah yang terjadi adalah tiba-tiba saya mendapatkan email dari google search console mengenai masalah error 404 dan kemudian saya buka linknya dan ternyata banyak sekali artikel saya yang error. Saya coba cari artikelnya di dalam blog dengan mengetikkan sesuai dengan judulnya tidak ditemukan, kemudian saya coba kembali dengan artikel lainnya juga sama saja tidak ditemukan artikelnya. Padahal niat saya, saya ingin memperbaikinya dengan mencoba mengganti link artikelnya.

Tidak menemukan solusi membuat saya membuka youtube dan pencarian google dengan pencarian "Mengatasi masalah tidak ditemukan 404 di blogger". Banyak sekali channel youtube dan blog disana yang sudah saya tonton dan sudah saya baca dari yang memberikan 4 solusi namun tidak ada yang berhasil, kemudian ada juga yang memberikan tutorial tanpa ada gambar sama sekali, bahkan sudah mengikuti petunjuk dari salah satu channel youtube yang membahas masalah inipun nihil hasil.

Solusi masalah tidak ditemukan 404 di blogger

Singkat cerita dari semua artikel yang saya baca mengenai masalah seperti ini adalah artikel yang linknya error tidak dapat kembali dan ini masih persepsi saya, alasan saya berkata seperti itu karena saya tidak menemukan artikel yang error 404. Entah memang tidak ada atau saya yang tidak teliti, karena kalau saya mencari satu per satu itu sangat sulit dengan sudah ribuan artikel di blog saya. Jadi karena alasan itulah saya mengatakan bahwa link blog yang mengalami error 404 artikelnya tidak dapat ditemukan.

Sebenarnya untuk masalah ini bila memang artikel kalian tidak ada rangking bisa saja diabaikan, namun dampak buruknya merusak kualitas blog. Jadi solusinya bisa seperti yang saya lakukan yaitu menggunakan script pengalihan, maksudnya adalah apabila ada yang artikel kalian yang error di klik visitor, maka script akan mengalihkan ke halaman utama pada blog kalian dan itu solusinya dari saya. Memang sangat disayangkan tapi hanya dengan cara ini artikel saya yang memiliki page rangking tetap aman dan kualitas blog tetap terjaga. Mungkin kalau kalian ada pertanyaan mengenai masalah kalian bisa coba share di kolom komentar.

Script masalah tidak ditemukan 404 di blogger

Bagi kalian yang setuju dengan cara yang saya lakukan ini, kalian bisa copy paste scriptnya dibawah ini:

<script type = "text/javascript">

my_redirect = setTimeout(function() {

window.location.href = 'https://www.ditutoinfo.com/';

}, 10);

</script>

Silahkan copy paste terlebih dahulu script diatas yah, dan mohon dimaklumin jika scriptnya tidak dibuatkan labelnya, saya sendiri masih pemula yang sedang belajar kodingan secara otodidak. Perlu kalian ingat url website yang terdapat di script, kalian ganti dengan url web atau blog kalian.

Cara pasang script tidak ditemukan 404 di blogger

Setelah kalian copy script diatas, selanjutnya silahkan kalian buka blog kalian.

1. Masuk ke menu "Setelan"

2. Scroll terus kebawah sampai kalian menemukan menu "Error dan pengalihan". Tampilannya seperti pada gambar dibawah ini.

error2
pasang script error 404

3. Pada menu "404 Khusus" silahkan kalian klik saja dan kemudian kalian pastekan script yang sudah kalian copy pada langkah diatas yah. Jika sudah klik "Simpan.

4. Langkah terakhir silahkan kalian copy paste link artikel kalian yang error 404 dan kalian coba saja, bila link tersebut menuju halaman depan atau beranda dari blog kalian artinya kalian sudah berhasil.

memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "GSC: Mengatasi masalah tidak ditemukan (404) search console pada blogger dengan Script"