Inilah persiapan yang diperlukan bila ingin membuka usaha rental mobil

mobil
Ilustrasi rental mobil

Inilah persiapan yang diperlukan bila ingin membuka usaha rental mobil- Semakin tinggi risiko perusahaan, maka semakin banyak hal yang harus dipersiapkan sebagai tindakan preventif untuk meminimalisir kerugian. Salah satu jenis bisnis berisiko tinggi adalah persewaan mobil.  

 Memulai bisnis persewaan mobil bisa menjadi peluang yang menarik, apalagi jika Anda tertarik dengan industri mobil. Sayangnya, bisnis jenis ini memiliki banyak risiko, mulai dari lecet atau penyok saat persewaan, mobil diambil penyewa, hingga berbagai risiko di jalan lain. Hal ini tentu sangat merugikan, karena biaya perbaikannya tidak sedikit. Cermati.com memberikan beberapa tips dan persiapan yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis rental mobil: 

 1. Buat rencana bisnis yang baik 

 Terlepas dari jenis bisnisnya, Anda selalu membutuhkan business plan atau rencana bisnis. Rencana bisnis yang baik didasarkan pada informasi akurat yang diperoleh dari penelitian lapangan. Rencana bisnis ini mencakup beberapa komponen desain yang sangat kompleks. 

  Bukan hanya tentang visi, misi, modal dan keuntungan yang diperoleh. Tetapi juga rencana bisnis yang komprehensif. Misalnya mobil yang disewa, harga sewa, berapa banyak karyawan yang dibutuhkan, biaya operasional dan detail lainnya.  

 Nantinya, business plan ini akan dijadikan pedoman untuk mengelola bisnis ke depan. Apapun yang terjadi, cobalah untuk kembali ke rencana semula, jangan terlalu menyimpang dari rencana bisnis yang Anda buat sebelumnya. 

  2. Tunjukkan lokasi perusahaan persewaan mobil 

 Pemilihan lokasi sangat penting dalam perusahaan rental mobil karena mempengaruhi jumlah pelanggan. Pilih lokasi yang strategis di dekat pusat kota atau tempat wisata dan mudah diakses oleh calon konsumen. 

 Selain itu, pastikan Anda memiliki tempat parkir yang cukup untuk mobil sewaan Anda. Karena lokasi usaha ini merangkap sebagai garasi, usahakan untuk memilih lokasi yang luas dan dekat dengan jalan raya agar akses lebih mudah. 

  Jangan sampai lahan parkir sewaan parkir di pinggir jalan dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya.

 3. Siapkan armada mobil yang kompeten 

 Tanpa armada mobil tidak mungkin menjalankan bisnis ini, oleh karena itu sebelum membuka perusahaan rental mobil pastikan armada mobil sudah siap pakai. Armada merupakan aset terpenting dari perusahaan rental mobil ini. 

  Pastikan kendaraan yang Anda gunakan dalam kondisi baik dan layak dikendarai, pajak aktif dan kelengkapan dokumen. Jangan lupakan perawatan dan perbaikan rutin bila perlu. Pilihlah kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan target pasar bisnis, mengingat setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Perbedaan ini juga bergantung pada tujuan penggunaan secara keseluruhan, seperti RV, bisnis/bulan madu, atau pribadi. 

 Semakin mahal harga mobil maka semakin besar pula resikonya, jadi pertimbangkan hal ini baik-baik sebelum membeli mobil. Jika Anda ingin membeli mobil ini, cobalah untuk bekerja sama dengan dealer mobil terdekat untuk mendapatkan penawaran dan penawaran harga yang lebih baik. 

 Pedagang pasti akan dengan senang hati menerima tawaran tersebut karena Anda memiliki kesempatan untuk menjadi pelanggan setia mereka.

 4. Beli asuransi mobil 

 Mobil baru memiliki masa garansi, tetapi masa garansi ini terbatas. Tidak ada salahnya mendapatkan perlindungan ekstra saat membeli asuransi mobil. Ada juga berbagai jenis asuransi mobil, mulai dari asuransi standar hingga asuransi komprehensif. 

 Asuransi all risk menanggung semua resiko kerusakan mobil, namun tidak menanggung resiko kehilangan mobil karena pencurian, dll. Seperti yang Anda ketahui, risiko mobil rental akan diambil dari pelanggan tentunya sangat tinggi. 

 Agar polis pilihan Anda dapat menanggung risiko ini, cobalah untuk memperluas cakupan hingga Total Loss (TLO) saja. Premi mungkin lebih tinggi tetapi sebanding dengan risiko yang ditanggung. 

 5. Persiapan lainnya 

 Persiapan lain yang perlu diperhatikan sebelum membuka perusahaan rental mobil adalah staf, sistem reservasi, dan terakhir promosi pra-peluncuran. Untuk sistem order, coba lengkapi layanan sistem order online melalui chat atau website. 

  Hal ini dilakukan untuk memudahkan calon konsumen memesan kendaraan dan meningkatkan kredibilitas perusahaan. Ingatlah untuk membuat penawaran yang menarik dan efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Posting Komentar untuk "Inilah persiapan yang diperlukan bila ingin membuka usaha rental mobil"