5 Tips ini membantu anda terhindar dari penipuan online

5 Tips ini membantu anda terhindar dari penipuan online- Belum lama ini, penipuan online berupa tautan mencurigakan membuat dunia maya ketakutan. 

 Kondisi ini untuk orang yang mau kirim paket atau undangan pernikahan, tapi link nya tidak sesuai dengan yang tertera. Alih-alih isi resi pengiriman atau detail upacara pernikahan, itu memiliki akhiran "APK".  Jika pengguna bereaksi dengan ceroboh, aplikasi dipasang di perangkat seluler untuk mencuri informasi penting korban. 

 Ketika ini terjadi, penipu dunia maya dapat menargetkan akun pribadi korban dan menyebabkan kerugian finansial. Oleh karena itu, menjaga keamanan perangkat seluler merupakan salah satu aspek terpenting yang harus diupayakan pengguna. 

 Berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda menghindari penipuan online yang marak di dunia maya saat ini: 

 1. Aktifkan autentikasi dua faktor 

 Otentikasi atau verifikasi dua langkah dapat diaktifkan untuk melindungi ponsel dari aktivitas berbahaya dan mencurigakan. 

 Fitur keamanan ini selanjutnya mencegah pengguna yang tidak dikenal mengakses perangkat. 

 Tidak hanya fitur keamanan autentikasi tambahan ini yang membuat pemasangan atau pemasangan aplikasi menjadi lebih aman. Ini karena perangkat tidak akan melanjutkan penginstalan aplikasi jika autentikasi yang diminta tidak terpenuhi. 

 Fitur autentikasi atau keamanan tambahan ini dapat dikonfigurasi dalam berbagai bentuk, mulai dari pola garis, kata sandi, PIN, dan identifikasi biometrik berbasis sidik jari. 

  Dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor, perangkat seluler dapat lebih terlindungi dari operasi penginstalan nakal yang mengganggu. 

 Artinya, keamanan perangkat dapat terjaga karena pengguna dapat mengontrolnya. 

 Untuk mencegah kejahatan dunia maya atau cybercrime, otentikasi dua faktor untuk layanan apa pun mungkin merupakan pilihan terbaik.

 2. Optimalkan penggunaan Google Play Protect 

 Google Play Protect adalah fitur atau layanan yang memaksimalkan keamanan perangkat Android. 

  Layanan ini dapat mencegah penyusupan aplikasi jahat berupa malware atau virus. 

 Saat fitur keamanan ini berfungsi, fitur ini memberi tahu pengguna bahwa ada aplikasi berbahaya di perangkat mereka. 

 Mengetahui hal ini, pengguna dapat memutuskan untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan keamanan ponsel mereka. Bahkan, pengguna juga bisa memilih opsi uninstall otomatis jika program berbahaya terdeteksi di perangkat mereka. 

 Menjaga keamanan perangkat seluler adalah satu hal yang harus dipikirkan kembali oleh pengguna ketika situasi penipuan online meledak. 

 Jika sedikit insecure, korban bisa mengalami beberapa kerugian, bahkan secara finansial. 

 Jadi cobalah untuk lebih berhati-hati ketika menerima link atau tautan dari orang yang tidak dikenal sebagai pesan teks. 

 3. Abaikan pesan yang mencurigakan 

 Biasanya modus penipuan online dipicu dengan optimalisasi penggunaan media sosial. 

  Seperti yang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini, yakni penipuan berkedok undangan digital yang dikirimkan melalui WhatsApp (WA). 

 Penipu menambahkan tautan atau tautan ke pesan untuk melakukan tindakan. 

 Jika pengguna ceroboh, itu setara dengan mengikuti kehendak penjahat. 

 Oleh karena itu, berhati-hatilah saat menerima link atau tautan dalam pesan teks, terutama jika pengirimnya tidak dikenal. Dengan mengabaikan pesan-pesan ini, perangkat dapat menghindari beberapa ancaman dengan lebih baik. 

 Ini termasuk akses tidak sah oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk membahayakan keamanan perangkat. 

 Di masa mendatang, hindari menyentuh tautan itu sendiri atau tautan yang diterima, tetapi periksa sebelum membuka. 

 4. Pembaruan perangkat lunak secara teratur 

 Salah satu cara untuk memastikan keamanan perangkat seluler adalah dengan memperbarui perangkat lunaknya secara rutin. Software atau perangkat lunak biasanya hadir dengan beberapa pembaruan setiap saat. 

 Hal ini dikarenakan developer atau pengembang ingin memberikan pengalaman pengguna yang terbaik kepada para penggunanya. 

 Termasuk tambalan keamanan untuk melindungi perangkat seluler dengan lebih baik dari berbagai ancaman malware.  

 Oleh karena itu, perbarui perangkat lunak yang terinstal di ponsel Anda segera setelah versi terbaru tersedia. 

 Dengan menggunakan perangkat lunak versi terbaru, ponsel dapat dilindungi dari berbagai aktivitas jahat pihak lain. Perangkat lunak yang ketinggalan zaman hanya melemahkan sistem keamanan perangkat. 

 Ini adalah celah untuk kejahatan yang dapat membahayakan keamanan perangkat seluler. 

 5. Selalu instal aplikasi dari sumber resmi 

 Untuk menjaga keamanan perangkat seluler, perlu juga memastikan bahwa aplikasi diinstal atau diinstal dari sumber yang aman. 

  Oleh karena itu, penginstalan aplikasi apa pun harus diperoleh dari sumber resmi. Misalnya, pengguna ponsel Android yang memasang aplikasi dari Google Play Store. 

 Sama halnya dengan AppStore yang bisa menjadi sumber referensi terpenting bagi pengguna iOS. 

 Kedua platform tersebut adalah sumber layanan atau aplikasi tepercaya. 

 Artinya, keamanan setiap instalasi dapat terjaga, sehingga pengguna tidak perlu khawatir. 

  Hindari menginstal program dari sumber tidak resmi atau meragukan. Ini karena hanya membawa beberapa program jahat lainnya ke perangkat Anda.

Posting Komentar untuk "5 Tips ini membantu anda terhindar dari penipuan online"