Apa yang dimaksud Saldo, Equitas, Margin bebas, Margin level, dan Margin

Apa yang dimaksud Saldo, Equitas, Margin bebas, Margin level, dan Margin - Bagi traders yang sudah lumutan ini tidak asing, tapi bagi traders baru tentunya bingung dengan istilah yang ada di mt4 atau mt5.


So, melalui artikel ini saya ingin sharing kepada teman-teman apa yang saya ketahui mengenai istilah ini.

1. Saldo

Saldo adalah Dana teman-teman di akun tradingan teman-teman. Bila teman-teman menggunakan akun real dan melakukan deposit maka uang teman-teman masuk dibagian saldo.

2. Equitas

Equitas ini adalah penggabungan dana teman-teman dengan hasil tradingan teman-teman yang masih running. Kalau hasil tradingan yang sudah teman-teman close masuk ke saldo. Misal teman-teman memiliki dana 1juta, dan saat running trading floating 200rb, maka di equitasnya 800rb. Sederhananya 1juta - 200rb.

3. Margin bebas

Margin bebas adalah dana yang masih bisa teman-teman gunakan untuk trading. Kalau pada contoh diatas dana yang masih bisa dipakai sebesar 700rb lebih. Kenapa hasilnya sekian? Tinggal dihitung dari saldo kemudian ditambah bila tradingan teman-teman yang running profit atau dikurang bila tradingan teman-teman yang running floating.

4. Margin level

Level Margin adalah rasio Equitas terhadap Margin yang Digunakan untuk posisi terbuka teman-teman dalam bentuk persentase. Rumus Level Margin yang saya ketahui bila tidak salah hitungannya seperti ini teman-teman (Equitas/Margin Terpakai) x 100. Misalkan trader memiliki equitas $5,000 agar gampang dihitungnya dan telah menggunakan margin $1,000. Level margin trader ini adalah ($5,000/$1,000) X 100 = 500%. Kurang lebih seperti itu teman-teman. 

5. Margin

Margin itu sederhananya adalah pinjaman modal untuk traders. Jadi maksudnya gini trading ini tidak melakukan pertukaran mata uang secara fisik dan hanya melakukan pertukaran berdasarkan dari nilainya. Nah Untuk bisa membuka suatu order, teman-teman cukup menyediakan uang yang diperlukan sebagai jaminan atas transaksi. Nah, jaminan itulah yang kemudian disebut sebagai margin dalam forex.

Semoga paham dengan apa yang saya jelaskan. Bila masih samar atas penjelasannya, coba dah teman-teman ulang bacanya. Semoga bermanfaat 


Posting Komentar untuk "Apa yang dimaksud Saldo, Equitas, Margin bebas, Margin level, dan Margin"