Signal Buy Longterm NZDCAD (penjelasan mapping)

Baca Juga

Signal Buy Longterm NZDCAD (penjelasan mapping) - Pada hari Jumat, 8 April 2022 saya menulis artikel ini untuk menjelaskan kepada teman-teman alasan saya memberikan signal buy di pair Nzdcad. Silahkan bagi yang ingin mengikuti signalnya namun signal tersebut di mapping ulang bila ragu dengan signalnya saya harap teman-teman tidak masuk, namun bila yakin silahkan masuk dengan akun yang teman-teman gunakan untuk trading jangka panjang.

Cara Saya Mapping / Analisis Pair Nzdcad

1. Tool yang saya gunakan adalah

  • Trendline
  • Horizontal line
  • Rectangle
  • Arrowed line
2. Mapping or Analisis


Perhatikan gambar diatas. Hal pertama yang saya lakukan adalah melihat trend yang sedang terjadi di pair ini apa? Downtrendkah, sideway, atau uptrend. Untuk mengetahui itu saya menggunakan garis trendline. Karena harga bergerak kebawah, maka saya pasang trendline dari atas ke bawah sehingga terjadilah seperti di gambar yang artinya trend downtrend. Tapi disini harga berkali-kali Breakout garis trendline, namun breakoutnya ini belum terlalu jelas secara pasti.

Untuk memastikannya apakah breakout ini bagus atau tidak, disini saya menggunakan horizontal line. Dengan garis horizontal line ini saya ingin menentukan Support dan resistance. Hal pertama yang saya lakukan adalah menentukan supportnya. Seperti yang teman-teman lihat pada gambar di atas, saya membuat support di area tersebut dengan alasan bila dilihat dari harga masa lalunya, beberapa kali harga tersebut reject area itu. Agar teman-teman dapat melihatnya secara jelas disini saya tandakan juga dengan Arrowed line atau tanda panah.

Selanjutnya harga breakout support tersebut namun kembali breakout support yang sudah tertembus itu dan harga sekarangnya bertahan di atas area support yang saya pasang horizontal line. Disini persepsi saya adalah dengan bantuan support ini dan harga berusaha breakout trendline dan juga sulit menembus support sehingga meninggalkan shadow, maka saya berkesimpulan bahwa harga akan up atau naik. Untuk memastikan sampai dimana perjalanan kenaikan harga saya membuat resistence terdekat dari harga sekarang. Misal harga sekarang terjadi di hari senin, maka saya mencari resistance terdekat di hari jumatnya. Dan alhasil saya menemukan diarea sana untuk resistancenya.

Support dan resistance yang saya buat ini disebut dengan SnR major, Alasannya hanya 1 karena SnR ini dibuat di Tf besar. Selanjutnya setelah saya mapping di weekly, kini beralih ke daily untuk melihat secara passti harga harian apa yang terjadi.


Di tf daily ini lebih jelas dan lebih spesifik perjalan harganya. Saya mapping kembali menggunakan garis trendline. Trendline ini menyambung pada trendline weekly atau trendline major, kemudian menghubungkan antara LH dengan LH dan hasilnya seperti yang teman-teman lihat. Dengan garis trendline ini menjadi lebih jelas bahwa harga daily sudah breakout trendline yang memberikan konfirmasi kepada kita bahwa harga daily yang terjadi downtrend sudah berakhir dan berubah haluan atau arah. Jadi ada 2 kemungkinan perubahan arah ini, bisa saja sideway atau uptrend.

Untuk mengetahui itu, Saya menggunakan horizontal line. Perhatikan gambar di atas. Harga sekarang tertahan di area support major dan dari harga sekarang saya membuat resistance terdekatnya dan setelah saya buat resistance disana, ternyata ada 3x percobaan untuk menembus resistance daily ini namun gagal sehingga harga tersebut kembali ke area support. So disini saya berkesimpulan bahwa harga akan kembali up ke area resistance daily sebelum up lebih jauh ke resistance major weekly.

Seperti itulah saya melakukan mapping bila menggunakan teknik price action. Pada intinya di dalam mapping atau analisis adalah pendekatan terhadap market atau pair yang ingin di tradingkan. Silahkan analisis ulang.

3. Prinsip Berdagang
  • Bila harga di support tujuannya resistance
  • Bila support di break tujuannya support terendah
  • Bila harga di resistance tujuannya support
  • Bila resistance di break tujuannya resistance tertingginya
  • Bila trendline dibreak trend berakhir
  • Bila harga tertahan di trendline tujuan SnR


0 Komentar untuk "Signal Buy Longterm NZDCAD (penjelasan mapping)"

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Kenapa blog selalu ditolak adsense ?

Kenapa blog selalu ditolak adsense ? - Banyak yang bertanya seperti ini dan salah satu yang mewakili pertanyaan dari teman-teman senua datan...

Back To Top