Header Ads

Mengenal Bitcoin - Apa itu Bitcoin?

 Bitcoin merupakan suatu aset crypto yang mana transaksi dapat dilakukan tanpa membutuhkan bantuan sebuah kartu kredit maupun bank sentral. Bitcoin didesain untuk memudahkan user dalam melakukan proses transaksi se efisien mungkin. Beberapa aset crypto seperti halnya emas namun ini terdapat di dunia digital. 

Beberapa fitur bitcoin sebagai aset digital adalah dapat melakukan transfer instan secara peer to peer, dapat melakukan transfer ke mana saja, biaya yang dikeluarkan untuk transfer juga sangat kecil. Transaksi yang dilakukan juga bersifat irreversible, pseudonymous, bitcoin juga tidak dikontrol oleh pemerintah maupun lembaga apapun. 

Selain itu, bitcoin juga jumlahnya terbatas. Mengapa? Suplai bitcoin hanya akan ada dua puluh satu juta bitcoin di seluruh dunia. Sistem penciptaannya berkurang setiap empat tahun sekali atau biasa disebut deflasi sehingga harga bitcoin cenderung naik. Anda bisa melakukan transfer bitcoin ke mana saja asalkan perangkat anda terkoneksi dengan internet. 

Fitur Bitcoin

Bitcoin bisa melakukan transfer instan secara peer to peer yang artinya bitcoin itu sendiri berjalan tanpa memiliki server pusat. Desentralisasi dan telah terdistribusi serta dibagi ke berbagai server yang akan dijalankan oleh setiap user yang terhubung ke dalam jaringan tersebut. 

Seperti emas namun bersifat digital, bitcoin bisa dikirimkan kemana saja dalam hitungan detik asalkan perangkat tersebut terhubung lancar dengan internet. Anda dapat mengirimkannya kapan dan dimanapun anda mau karena ini hanya memerlukan modal smartphone dengan koneksi internetnya. 

Selain itu biaya transfernya juga sangat kecil. Sebenarnya biaya pengiriman tersebut bisa dihilangkan namun, agar dapat mempercepat proses transaksi biasanya ini memotong sedikit biaya dalam rupiah tidak peduli dengan jumlah bitcoin yang anda kirimkan. Jika anda telah mengirimkan bitcoin maka transaksi tidak dapat dibatalkan. 

Kecuali penerima mau mengirimkannya kembali pada anda. Anda juga bisa melihat semua transaksi yang pernah dilakukan sekaligus saldo bitcoin yang dimiliki seseorang. Meskipun kita tidak tahu siapa pemiliki alamat bitcoin tersebut. Karena setiap pengguna bitcoin bisa memilih untuk menampilkan atau tidak identitasnya. 

Lebih jelasnya bisa dilihat di Channel YouTube kemzotkartika, Cek playlistnya yah guys

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.