Header Ads

Blockchain Bitcoin - ditutoinfo.com

 Blockchain Bitcoin – sebagaimana anda telah ketahui bahwa bitcoin menyimpan seluruh informasi yang mana transaksinya berjalan di dalam sebuah basis data yang disebut blockchain dalam jaringan internet. Blockchain sendiri tersusun oleh beberapa blok yang saling berkaitan satu sama lain dan blok tersebut memiliki nomor yang berurutan. Keterkaitan blok tersebut terpengaruh karena proses berkaitan

Menggunakan teknik ini, usaha yang dilakukan untuk mengubah informasi dalam blok akan semakin sulit dilakukan karena jika kita ingin mengubah informasi dari satu blok, kita harus mengubah informasi dari beberapa blok lainnya juga. Ini juga disebabkan karena meskipun perubahan yang dilakukan sangat kecil akan mempengruhi nilai hash blok – blok lainnya. Blok pertama disebut genesis blok. 

Struktur dari blockchain sendiri sangat berbeda dibandingkan struktur basis data yang biasa digunakan. Biasanya dalam penggunaan basis data anda akan menemukan beberapa konsep seperti field atau disebut kolom dan record atau baris dalam basis data relasional yang dikenal. Bitcoin tidak menggunakan struktur basis data relasional sehingga memerlukan proteksi kuat di dalamnya. 

Penambahan Informasi pada Blockchain 

Untuk melakukan suatu penambahan data pada blockchain tidak dapat langsung menggunakan perintah tambah (insert) seperi basis data pada umumnya. Namun, blok baru perlu memenuhi kriteria dengan difficulty level atau beberapa tingkat kesulitan. Blok – blok baru yang anda tambahkan dalam blockchain dibuat para penambang dalam proses menambang menggunakan komputasi hash. 

Semuanya berkompetisi untuk membuat blok baru yang sesuai kriteria tingkat kesulitan yang telah ditentukan. Seperti yang telah disebutkan jika salah satu blok mengalami perubahan maka akan mempengaruhi blok yang lainnya untuk berubah. Maka dari itu ini akan lebih meningkatkan keamanan pada transaksi yang kita jalankan. 

Salah satu manfaat blockchain adalah desentralisasi file storage atau penyimpanan di internet. Karena sebagaimana kita telah ketahui bahwa aplikasi Indodax sendiri merupakan aplikasi transaksi yang bisa dijalankan kapan dan dimana saja asalkan tetap terhubung dengan adanya koneksi internet. Meskipun peer to peer aktivitas yang terjadi masih dalam dipantau unit bersangkutan.

Lebih jelasnya bisa dilihat di Channel youtube kemzotkartika, Cek playlistnya yah guys.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.