Header Ads

Lightroom Vs Photoshop Mana yang Lebih Baik

Lightroom Vs Photoshop Mana yang Lebih Baik - Fotografer memiliki banyak alat untuk dipilih saat mengedit foto. Adobe mengembangkan dua yang paling populer: Lightroom dan Photoshop .

Jika Anda baru mengenal pengeditan foto, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Adobe memiliki dua alat pasca-pemrosesan dan mana yang harus Anda gunakan. Mana yang lebih baik? 

Jawaban yang membuat frustrasi adalah: “keduanya”.

Pada artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda fitur mana yang merupakan kombinasi pengeditan foto terbaik. Berikut adalah foto sebelum dan sesudah diedit di Lightroom.

Beberapa Background untuk Photoshop dan Lightroom

Adobe merilis Photoshop (PS) sebagai editor grafis pada tahun 1990. Ketika fotografi digital menjadi populer, PS menjadi cara untuk mengedit foto. Pada tahun 2007, Adobe merilis Lightroom (LR) dengan mempertimbangkan fotografer.

Dalam banyak hal, ini adalah versi Photoshop yang lebih sederhana . Ini menampilkan alat pengeditan yang dibutuhkan fotografer. Tetapi Adobe mendesain ulang antarmuka pengguna untuk membuat penyesuaian fotografi umum lebih mudah.

Banyak orang berpikir bahwa Photoshop adalah kakak yang lebih kuat untuk Lightroom. Tapi Lightroom bukanlah "bayi Photoshop". Program-program tersebut telah berkembang secara berdampingan — masing-masing dengan kekuatannya sendiri.

Saya menggunakan keduanya dan biarkan saya menunjukkan alasannya. Saya akan memandu Anda melalui alur kerja pengeditan foto dasar saya . Saya akan menunjukkan kepada Anda mengapa saya memilih untuk menggunakan yang terbaik dari kedua program.

Mengimpor dan Mengatur Gambar

Hal pertama yang saya lakukan adalah melepaskan foto saya dari kamera dan siap untuk diedit di komputer saya . Pada permulaan inilah kami menemukan perbedaan yang signifikan antar program.

Adobe Photoshop dirancang untuk mengedit gambar satu per satu. Lightroom menyertakan sistem katalog yang dirancang untuk mengimpor dan mengatur foto. Saya dapat mengimpor semua gambar dari kartu SD saya, kata kuncinya, dan menilai kualitasnya. Saya bahkan dapat menerapkan penyesuaian gambar favorit saya secara otomatis. Saya dapat memindahkan dan mengatur foto agar lebih mudah ditemukan nanti.

Photoshop tidak diatur untuk melakukan ini. Program terpisah, Adobe Bridge , ada di suite Creative Cloud untuk menjembatani kesenjangan tersebut. Program ini mencakup fitur katalog, impor, dan ekspor yang termasuk dalam Lightroom. Tetapi alat pengeditan terbatas dibandingkan dengan Lightroom.

Bahkan fotografer yang menyukai Photoshop untuk mengedit menggunakan sistem katalog Lightroom. Photoshop memiliki batasan lain saat mengimpor gambar dari kamera saya. Program tidak dapat membuka file RAW . Untuk mengatasi masalah ini, Adobe menyediakan alat bernama Adobe Camera Raw (ACR). Program ini memungkinkan file mentah dibuka di Photoshop.

Tidak ada komentar

Artikel update setiap hari senin, selasa, dan rabu jam 07.00 wib.

Silahkan berkomentar dengan sopan, Bila memiliki saran, kritik, dan juga request pembuatan artikel, Silahkan hubungi Admin melalui kontak saya.

Diberdayakan oleh Blogger.